Advertisment

3 Risiko dan Dampak Bahaya Mendengarkan Musik di Smartphone SebelumTidur

Mendengarkan musik di smartphone merupakan salah satu kegiatan favorit yang dihabiskan sambil menunggu tidur. Selain berguna untuk kamu atau sebagian pengguna agar lebih mudah terlelap, tanpa disadari ternyata ada bahaya yang mengintai ketika mendengarkan musik di smartphone saat ingin tidur.

Lalu, apa saja risiko dan bahaya dari mendengarkan musik di smartphone sebelum tidur? Untuk menjawabnya, berikut ini terdapat 3 risiko dan dampak bahaya mendengarkan musik di smartphone sebelum tidur.

1.      Mengganggu Waktu Istirahat

Berdasarkan penelitian, mendengarkan musik di smartphone membuat otak tak bisa benar-benar istirahat dan tetap aktif sehingga mengganggu tubuh untuk mendapatkan waktu istirahat yang cukup.
Jika, hal itu dilakukan terus menerus, bukan tak mungkin kegiatan sehari-hari dapat terganggu karena tubuh masih kelelahan.

2.      Baterai Smartphone

Tak hanya kesehatan, bahaya itu juga dapat berdampak pada perangkat yang digunakan. Hal ini terjadi karena pengguna smartphone sudah tertidur namun tak sadar bahwa lagu masih menyala. Akibatnya, smartphone dapat mati dalam keadaan baterai kosong.
Jika kamu mendengarkan musik sambil mengisi daya dan ditinggalkan semalaman, umur baterai juga dapat menjadi lebih pendek.Kondisi tersebut sebenarnya dapat memengaruhi kondisi baterai sehingga tak dapat berjalan optimal.

3.      Mendengarkan via Earphone atau Speaker

Mendengarkan musik dengan volume yang terlalu keras di smartphone berpotensi memecah suara dan merobek speaker. Oleh karena itu, atur volume secukupnya tidak terlalu kecil dan tidak terlalu keras saat mendengarkan musik di smartphone.
Berdasarkan studi penelitian, menggunakan earphoneuntuk mendengarkan musik sebelum dan saat tidur juga tak kalah bahaya karena menyimpan banyak bakteri yang membuat telinga dapat terancam infeksi.
Lantas, seperti apa cara untuk mengatasi bahaya-bahaya tersebut? Memasang aplikasi timer lagu di smartphonemerupakan salah satu cara yang paling mudah untuk diterapkan. Aplikasi timer lagu berguna untuk kamu yang ingin menyetel pemutar musik agar mati secara otomatis sesuai dengan waktu yang kamu tentukan.
Salah satu aplikasi timer lagu yang cocok kamu gunakan adalah SleepTimer (Turn music off) yang bisa kalian unduh secara gratis di playstore.

Tags:smartphone, mendengarkan musik di smartphone, risiko mendengarkan musik di smartphone sebelum tidur, dampak bahaya mendengarkan musik di smartphone sebelum tidur, catatan santri, catatan santri tekno.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Risiko dan Dampak Bahaya Mendengarkan Musik di Smartphone SebelumTidur"

Post a Comment