Modus Penipuan dan Cara Pengaduan bagi Pengguna Aplikasi My Telkomsel
Kejahatan siber semakin meluas seiring berkembangnya era
digital yang semakin mudah saat ini. Salah satu kasus kejahatan siber yang
baru-baru ini sedang terjadi adalah percobaan penipuan dialamatkan kepada
pengguna aplikasi My Telkomsel.
Aplikasi My Telkomsel merupakan aplikasi milik operator seluler Telkomsel yang
memungkinkan pelanggannya untuk mengisi pulsa, bayar tagihan, aktivasi paket,
hingga tukar poin Telkomsel.
Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini modus penipuan
dan cara pengaduan bagi pengguna aplikasi My
Telkomsel.
Modus
Penipuan Pengguna Aplikasi My Telkomsel
1.
Mendapat Telpon
Pelanggan Telkomsel mendapatkan telepon dari seseorang
yang mengaku dari pihak Telkomsel, padahal sebenarnya itu adalah si penipu
2.
Meminta Kode Verifikasi
Oknum tersebut meminta kepada pelanggan untuk menyebutkan
empat digit kode verifikasi via telponyang telah dikirimkan Telkomsel kepada
pelanggan untuk mengakses aplikasi Telkomsel.
3.
Pulsa Terkuras Habis
Jika kode verifikasidiberikan kepada pihak lain, orang
tersebut akan mendapatkan akses ke aplikasi My
Telkomsel korban dan pulsa pun bisa terkuras habis.
Cara
Pengaduan Pengguna Aplikasi My Telkomsel
Perlu diketahui, pihak Telkomsel sebenarnya sudah
memperingatkan pengguna untuk tidak memberikan kode verifikasi kepada siapapun.
Peringatan ini sudah tertuang di dalam SMS berisi kode verifikasi yang telah
dikirimkan oleh Telkomsel (TSEL-APPS).
Berikut adalah bunyi pesan singkat dari Telkomsel:
"Ini
password RAHASIA Anda untuk login aplikasi. (Telkomsel tidak pernah meminta
password ini dan jangan berikan kepada siapapun).Waspadapenipuan! Password:
****," demikian bunyi
pesan singkat dari Telkomsel.
Telkomsel juga memiliki wadah untuk pelanggan yang ingin
melaporkan pengaduan, berikut ini format untuk pengaduan penipuan aplikasi My Telkomsel atau layanan Telkomsel
lainnya.
Caranya pelanggan bisa mengirimkan SMS pengaduan ke nomor
1616 yang bebas biaya alias gratis. Adapun pengaduan dilakukan dengan format
"PENIPUAN#NO.MSISDN PENIPU#ISI SMS PENIPUAN"
Selain itu, pelanggan juga bisa menghubungi email
cs@telkomsel.co.id atau mention melalui facebook.com/telkomsel dan mention
melalui akun Twitter @telkomsel.
Dengan demikian, jika ada penipu yang menelepon dan
meminta pelanggan untuk memberikan kode verifikasi yang dimaksud, pelanggan bisa
langsung mengabaikannya.
Tags:telkomsel, mytelkomsel, aplikasi mytelkomsel, pengguna
aplikasi mytelkomsel, modus
penipuan pengguna aplikasi mytelkomsel, cara pengaduan pengguna aplikasi mytelkomsel, catatan santri, catatan santri tekno.
0 Response to "Modus Penipuan dan Cara Pengaduan bagi Pengguna Aplikasi My Telkomsel"
Post a Comment