Advertisment

Modus Penipuan dan Cara Pengaduan bagi Pengguna Aplikasi My Telkomsel

Kejahatan siber semakin meluas seiring berkembangnya era digital yang semakin mudah saat ini. Salah satu kasus kejahatan siber yang baru-baru ini sedang terjadi adalah percobaan penipuan dialamatkan kepada pengguna aplikasi My Telkomsel.

Aplikasi My Telkomsel merupakan aplikasi milik operator seluler Telkomsel yang memungkinkan pelanggannya untuk mengisi pulsa, bayar tagihan, aktivasi paket, hingga tukar poin Telkomsel.
Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini modus penipuan dan cara pengaduan bagi pengguna aplikasi My Telkomsel.

Modus Penipuan Pengguna Aplikasi My Telkomsel















1.      Mendapat Telpon
Pelanggan Telkomsel mendapatkan telepon dari seseorang yang mengaku dari pihak Telkomsel, padahal sebenarnya itu adalah si penipu
2.      Meminta Kode Verifikasi
Oknum tersebut meminta kepada pelanggan untuk menyebutkan empat digit kode verifikasi via telponyang telah dikirimkan Telkomsel kepada pelanggan untuk mengakses aplikasi Telkomsel.
3.      Pulsa Terkuras Habis
Jika kode verifikasidiberikan kepada pihak lain, orang tersebut akan mendapatkan akses ke aplikasi My Telkomsel korban dan pulsa pun bisa terkuras habis.

Cara Pengaduan Pengguna Aplikasi My Telkomsel

Perlu diketahui, pihak Telkomsel sebenarnya sudah memperingatkan pengguna untuk tidak memberikan kode verifikasi kepada siapapun. Peringatan ini sudah tertuang di dalam SMS berisi kode verifikasi yang telah dikirimkan oleh Telkomsel (TSEL-APPS).
Berikut adalah bunyi pesan singkat dari Telkomsel:
"Ini password RAHASIA Anda untuk login aplikasi. (Telkomsel tidak pernah meminta password ini dan jangan berikan kepada siapapun).Waspadapenipuan! Password: ****," demikian bunyi pesan singkat dari Telkomsel.
Telkomsel juga memiliki wadah untuk pelanggan yang ingin melaporkan pengaduan, berikut ini format untuk pengaduan penipuan aplikasi My Telkomsel atau layanan Telkomsel lainnya.
Caranya pelanggan bisa mengirimkan SMS pengaduan ke nomor 1616 yang bebas biaya alias gratis. Adapun pengaduan dilakukan dengan format "PENIPUAN#NO.MSISDN PENIPU#ISI SMS PENIPUAN"
Selain itu, pelanggan juga bisa menghubungi email cs@telkomsel.co.id atau mention melalui facebook.com/telkomsel dan mention melalui akun Twitter @telkomsel.
Dengan demikian, jika ada penipu yang menelepon dan meminta pelanggan untuk memberikan kode verifikasi yang dimaksud, pelanggan bisa langsung mengabaikannya.
Tags:telkomsel, mytelkomsel, aplikasi mytelkomsel, pengguna aplikasi mytelkomsel, modus penipuan pengguna aplikasi mytelkomsel, cara pengaduan pengguna aplikasi mytelkomsel, catatan santri, catatan santri tekno.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Modus Penipuan dan Cara Pengaduan bagi Pengguna Aplikasi My Telkomsel"

Post a Comment