Advertisment

3 Layanan Canggih dan Cara Mudah Menangkal Hoax Di Internet ala Mafindo

Dilansir dari Masyarakat Anti Hoax Indonesia (Mafindo), kemudahan mengakses internet bagai dua sisi mata uang. Di satu sisi, kehidupan menjadi lebih mudah termasuk untuk mendapatkan berbagai informasi yang diingingkan. Di sisi lain, banyak oknum yang tidak bertanggung jawab dengan mudah menyebarkan di ranah maya.

Salah satu langkah terbaru yang dilakukan organisasi Masyarakat Anti Hoax Indonesia (Mafindo) untuk menghalau informasi palsu atau hoax yaitu dengan meluncurkan layanan Lapor Hoax dan Anti-HoaxSearchEngine (ASE). Berikut ini 3 layanan canggih dan cara mudah menangkal hoax di internet ala Mafindo.

1.      Layanan Lapor Hoax

Layanan Lapor Hoax merupakan layanan publik yang bisa diakses oleh siapapun untukmembuat laporan tentang informasi palsu yang ditemukan di internet kepada Mafindo melalui email. Pengguna internet cukup mengisi formulir yang ada pada laman Lapor Hoax, mencakup nama, alamat email, teks hoax, pesan dan gambar-gambar yang berkaitan dengan laporan tersebut.
Kamu bisa mengakses layanan lapor hoaxmelalui alamat www.turnbackhoax.id dan search.turnbackhoax.id.

2.      Anti-HoaxSearchEngine (ASE)

Sama halnya dengan layanan lapor hoax, Anti-HoaxSearchEngine (ASE) merupakan layanan publik yang bisa diakses oleh siapa pun untuk mencari informasi yang dijamin terpercaya. Berdasarkan keterangan di laman resmi, ASE akan menampilkan hasil situs web terpercaya di pencarian Google yang sudah disesuaikan agar tidak menampilkan informasi-informasi palsu, hoax atau ujaran kebencian.
Situs web di ASE terdiri dari beberapa kriteria, yang salah satunya merupakan bagian dari anti-hoaxdatabase di turnbackhoax.id.Selain itu juga terdaftar di Dewan Pers dengan status "Terverifikasi Faktual dan Administrasi" dan situs web terpercaya seperti Wikipedia dengan konten-konten yang mudah dilacak dan diverifikasi.
Kamu bisa mengakses layanan lapor hoaxmelalui alamat www.turnbackhoax.id dan search.turnbackhoax.id.

3.      Dukungan Facebook

Facebook merupakan salah satu media sosial yang kerap digunakan untuk menyebarkan informasihoax melalui situs web yang memang dirancang untuk menyebarkan hoax. Meskipun bukan perkara mudah untuk mengurangi peredaran hoax di Indonesia, facebookterus berusaha untuk meredam dan mengurangi maraknya hoax yang berseliweran di News Feed.
Berdasarkan riset yang dilakukan facebook, konten seperti foto atau meme tanpa deskripsi informasi yang akurat dapat menyesatkan banyak orang. Konten tersebut masih menjadi salah satu tantangan besar bagi Facebook untuk kedepannya.
Tags:hoax, menangkal hoax, menangkal hoax ala mafindo, cara menangkal hoax, layanan canggih menangkal hoax, catatan santri, catatan santri tekno.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Layanan Canggih dan Cara Mudah Menangkal Hoax Di Internet ala Mafindo"

Post a Comment