Advertisment

4 kriteria yang harus di miliki guru jaman now

Guru merupakan salah satu elemen penting di dalam sistem pendidikan Indonesia. Peran dan fungsinya sangat menentukan arah pendidikan Indonesia. Maju mundurnya pendidikan Indonesia berada di tangan para guru-guru sebagai garda terdepan dalam mencapai tujuan pendidikan nasional.

Seiring dengan perkembangan abad 21, tuntutan terhadap kualitas guru semakin bertambah, Berikut adalah 4 kriteria yang harus di miliki guru jaman now.

 oleh irfan maulana 

1. Memiliki penampilan yang baik.
Dengan penampilan orang akan menilai bagaimana sikap seseorang, dan muruid pun akan senang bila melihat penampilan kita, mungkin sesekali siswa akan mengatakan “selamat pagi pa guru ganteng” atau “selamat pagi bu guru cantik”. Tak apa, karena itu semua merupakan respon mereka karena senang dengan penampilan kita.
Akan tetapi penampilan tidak bisa menjamin akan berjalan nya proses pembelajaran, ya tapi setidaknya dari penampilan lah si murid bias bahagia dan menerima kehadiran kita di tengah-tengah mereka.

2. Memiliki kemampuan bicara yang baik / public speaking.
Berbicara merupakan modal utama seorang guru untuk mendidik para siswa selain penegtahuan, karena dengan berbicara pengetahuan bias di sampaikan dengan baik dan bisa di serap dengan mudah oleh para siswa dengan mudah.
Para siswa cenderung lebih senang kepada guru yang memiliki kemampuan bicara yang bisa mereka cerna dengan baik dan mudah, dengan di sisipi sedikit humor di dalam nya. Dengan seperti itulah siswa akan antusias mendengarkan apa yang guru bicarakan karena terkesan tidak bosan.

3. Memiliki wawasan yang luas.
Selain kemampuan bicara, wawasan pun sanngat berperan bagi kinerja seorang pendidik, karena dengan wawasan seorang guru dapata memberikan ilmu pengetahuan kepada siwanya.
Wawsan yang di miliki pun harus mengikuti perkembangan jaman, karena siswa akan lebih antusias bila di berikan wawasan yang sesuai dengan jaman nya. Jangan hanya di ceritakan sejarah masa lalu.

4. Tidak gaptek ( gagap teknologi ).
Di jaman modern ini semua kegiatan pasti harus menyertai teknologi, karena manusia masa kini sangat bergantung pada teknologi dalam kehidupan nya, begitu pun bagi seorang guru atau pendidik.
Teknologi sangat penting bagi seorang pendidik atau guru, karena pada saat ini untuk menilai siswa pun kita harus memasukan data lewat aplikasi di computer agar mempermudah pendataan, dan proses pembelajaran pun selalu menyertakan teknologi sebagai sarana pelengkap seperti proyektor/infocus, laptop dan masih banyak yang lain nya.
Mungkin bisa terbayang oleh kita bila seorang guru tak bisa menguasai teknologi masa kini, pasti akan tertinggal sekali.

“Didiklah anakmu sesuai dengan zamannya, karena ia hidup bukan di zamanmu”

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "4 kriteria yang harus di miliki guru jaman now"

  1. Saya rasa perlu ditambahkan tentang etika seorang guru. Soalnya pengalaman dari keponakan saya, guru muda nya kurang beretika

    ReplyDelete
  2. Public speaking adalah hal yang penting, asal jangan di salah gunakan

    ReplyDelete
  3. Penghargaan aspirasi murid pun saya rasa perlu diperhatikan...,melatih murid dengan problem solving dan pemahaman konsep bukan hapalan perlu diadakan,trims

    ReplyDelete