Advertisment

4 Startup Raksasa Lokal Yang Berlabel Status Unicorn Di Indonesia Tahun 2018

Catatan Santri Tekno. Unicorn merupakan sebutan bagi startup di berbagai negara yang memiliki valuasi ( nilai ) lebih dari US$ 1 miliar ( sekitar 13,1 triliun rupiah ) atau lebih. Unicorn juga digunakan sebagai patokan kesuksesan sebuah startup.
Sudah terdapat sekitar 229 startup tersebar di berbagai belahan dunia termasuk Amerika Serikat, Tiongkok, Jerman, India, Kanada, Inggris, Singapura, dan Indonesia yang berstatus unicorn. Startup–startup ini pun menggeluti bidang yang bervariasi seperti keuangan, pemasaran, pelayanan, ritel, dan bahkan games.
Berikut ini 4 startup raksasa lokal yang berlabel status unicorn di Indonesia tahun 2018.

1.      Gojek
Gojek merupakan layanan ojek yang berbasis dengan teknologi dan menjadi merupakan startup pertama asal Indonesia yang mendapat gelar "Unicorn" pada 4 Agustus 2016 lalu. Gojek menjadi startup lokal Indonesia dengan nilai tertinggi karena mendapat kucuran dana segar $1,75 miliar dari berbagai investor seperti (Sequoia Capital dan Warbrug) dan (Tencent Holding dan JD.com).

2.      Tokopedia
Tokopedia merupakan salah satu startup pusat perbelanjaan daring di Indonesia yang mengusung model bisnis marketplace dan menjadi startup kedua asal Indonesia setelah gojek yang mendapat gelar "Unicorn". Tokopedia mendapatkan dana segar dengan memperoleh pendanaan senilai $1,347 miliar di tahun 2018. Dari keseluruhan dana investasi, perusahaan alibaba memberikan pendanaan investasi terbesar di tokopedia.

3.      Traveloka
Traveloka merupakan perusahaan penyedia layanan pemesanan tiket hotel dan pesawat berbasis startup yang berfokus di perjalanan domestik di Indonesia. Traveloka menjadi startup ketiga setelah gojek dan tokopedia yang mendapat gelar "Unicorn" dengan total memperoleh pendanaan sebesar $500 juta pada tahun 2018. Dari keseluruhan dana investasi, perusahaan sejenis bernama Expedia yang populer di luar negeri memberikan pendanaan investasi terbesar di Traveloka.

4.      Bukalapak
Bukalapak merupakan salah satu startup online marketplace terkemuka di Indonesia yang menyediakan sarana jual–beli dari konsumen ke konsumen dan menjadi startup keempat menyusul gojek, tokopedia dan traveloka yang mendapat gelar "Unicorn". Untuk total pendanaan masih dirahasiakan dan belum dipublikasikan.

Deskripsi: Unicorn merupakan sebutan bagi startup di berbagai negara yang memiliki valuasi ( nilai ) lebih dari US$ 1 miliar ( sekitar 13,1 triliun rupiah ) atau lebih. Berikut ini 4 startup raksasa lokal yang berlabel status unicorn di Indonesia tahun 2018.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "4 Startup Raksasa Lokal Yang Berlabel Status Unicorn Di Indonesia Tahun 2018"